Minggu, 03 November 2013

Memori Eksternal

External memory ataupun external storage ataupun secondary storage ataupun backing storage adalah suatu tempat atau sarana yang bisa digunakan komputer untuk menyimpan data ataupun program. Dengan demikian, external memory mempunyai fungsi yang hampir sama dengan internal memory. Hanya bedanya, internal memory terletak didalam CPU, external memory berada diluar CPU.
Data-data yang tersimpan didalam external memory bersifat tetap, artinya data tersebut tidak akan hilang walaupun tidak ada listrik yang mengalirinya. Media yang digunakan biasanya merupakan media magnitic yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan data dengan guratan-guratan magentic yang dimilikinya. Jenis external memory cukup banyak, beberapa contohnya :
a. Disket 

Disket merupakan media penyimpanan yang sangat populer bagi personal komputer. Secara pisik, disket terbuat dari lempengan plastik yang berbentuk bundar dimana pada permukaannya dilapisi oleh magnit sebagai tempat untuk menyimpan guratan-guratan data. Untuk menjaga agar data ataupun program yang tersimpan didalam disket tetap terjaga kebersihannya, disket kemudian dibungkus oleh karton yang berbentuk segi empat.

b. Hard Disk 

Harddisk merupakan salah media penyimpan data yang cukup populer bagi mainframe ataupun PC. Harddisk merupakan media penyimpanan yang memiliki bentuk pisik yang berbeda jika dibanding dengan disket. Secara umum hard disk biasanya terpasang dan menyatu didalam CPU (fixed disk). Mekanisme yang menyebabkan data yang tersimpan bisa dibaca ataupun ditulis didalam hard disk, disebut sebagai disk drive.

c. Compact Disk 

CD-ROM secara pisik mempunyai bentuk seperti halnya CD audio dan merupakan suatu hasil pengembangan teknologi baru pada tahun 1983, serta bisa digunakan sebagai tempat untuk menyimpan data dengan kapasitas tinggi. CD ROM secara umum dapat menyimpan data hingga 600 MB, tetapi kini banyak dipasarkan hingga ukuran gigabite. Harga CD ROM relative murah apabila dibanding dengan disket ataupun hard disk.

Kesimpulan :
Dalam komputer pasti ada alat penyimpanan dimana alat penyimpanannya pun dibagi menjadi dua bagian yaitu memori internal dan eksternal , dan disini yang akan dibahas adalah memori eksternal . Apa itu memori eksternal ? memori eksternal merupakan tempat penyimpanan dimana bedanya tidak terdapat pada CPU melainkan diluar CPU, memori eksternal dimana semua penyimpanannya merupakan memori bersifat tetap, tidak sementara, walaupun tidak ada daya yang di alirkan ke komputer ketika sudah disimpan, datapun masih akan tetap tersimpan, berbagai contoh memori eksternal yaitu : - Disket, -Hard Disk, -Compact Disk, dan lain sebagainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar