Selasa, 27 Maret 2012

Pengertian Penderitaan


 
Pengertian Penderitaan
Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan ataumenanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berupapenderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin. Penderitaan termasuk realitas manusia dan dunia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat, ada yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitaspenderitaan. Suatu pristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi oranglain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit kembali bagi seseorang, atau sebagai langkah awaluntuk mencpai kenikmatan dan kebahagiaan.Berbagai kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan. Banyaknya macam kasus penderitaan sesuai dengan liku-liku kehidupan manusia. Bagaimana manusia menghadapi penderitaan dalam hidupnya ? penderitaan fisik yagn dialamimanusia tentulah diatasi dengan cara medis untuk mengurangi atau menyembuhkannya, sedangkan penderitan psikis,penyembuhannya terletak paa kemampuan si penderita dalam menyelesaikan soal-soal psikik yang dihadapinya.


PENDAPAT :
Penderitaan merupakan salah satu cobaan atau halangan hidup yang di hadapi oleh setiap
manusia yang ada di dunia ini, tetapi sebagai manusia janganlah kita menegeluh-eluhkankan tentang penderitaan yang kita rasakan di dalam hidup ini. Kita mengakui dan percaya adanya Tuhan yang memiliki semua di muka bumu ini, dan percaya kita adalah milik Tuhan,dan kita percaya bahwa Tuhan tidak akan memberi penderitaan atau cobaan yang tidak sanggup di jalani oleh kita sebagai manusia yang hidup atas penderitaan dan kesenangan. Sekalipun kita tidak bisa terima dengan kenyataan yang ada atau kita rasakan dalam kehidupan kita.
Penderitaan adalah sebuah masalah atau siksaan batin yang di rasakan oleh setiap orang yang merasakan penderitaan di hatinya.
Contoh penderitaan yang biasanya di rasakan oleh berbagai manusia adalah ketika terkena bencana alam. Biasanya setiap orang yang sehabis terkena bencana alam , mereka merasakan siksaan batin yang amat sangat luar biasa yang di rasakan. Apalagi jika kehilangan sanak saudar ketika terjadi bencana . penderitaan itu sangat di raskan mendalam bagi keluarga yang di tinggalkan.
Penderitaan warga pinggiran atau warga miskin. Mereka lebih merasakan penderitaan yang mendalam daripada orang-orang yang hidup sebagai anggota pemerintah, tetapi masih ada saja yang tidak memperdulikan warga miskin di negeri kita ini.
jangan selalu membiarkan hidup kita atau batin kita berada dalam penderitaan yang berlebih,walaupun hidup kita penuh dengan masalah janganlah kita mudah putus asa atas semuanya yang telah terjadi,walaupun hidup penuh dengan penderitaan.
sebagai keluarga sesama manusia kita harus saling membantu terhadap saudara-saudara kita yang menderita di luar sana.
tetapi sekalilagi kita harus yakin. Seberapa beratnya penderitaan yang kita rasakan dalam hidup ini, Tuhan Y.M.E pasti memberikan jalan keluar yang terbaik untuk kita yang merasakan penderitaan . 

http://www.scribd.com/doc/21572818/10/Pengertian-Penderitaan


Nama   : Eko Hanggoro
Kelas    : 1KB03
NPM    : 22111380


Tidak ada komentar:

Posting Komentar